Ferry Mursyidan Baldan: Film ‘Chrisye’ Siratkan Pesan yang Sangat Kuat

Ferry Mursyidan Baldan: Film ‘Chrisye’ Siratkan Pesan yang Sangat Kuat

Drs. Ferry Mursyidan Baldan sebagai orang terdekat yang tahu banyak tentang Chrisye tampak begitu cermat mengamati film ‘Chrisye’ yang dinilainya menyiratkan pesan yang sangat kuat. Begitu juga dengan akting Vino G Bastian yang dianggapnya sangat tepat. Bahkan ia menyarankan semua profesi harus punya film seperti itu.

 

“Akting Vino G Bastian menurut saya sangat tepat. Sewaktu pakai kacamata walau digantung atau dipakai itu Chrisye. Tapi sewaktu belum pakai kacamata itu belum begitu masuk. Apalagi terakhir waktu rambutnya gondrong, “ kata Drs. Ferry Mursyidan Baldan seusai Gala Premiere Film ‘Chrisye’ di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2017) malam.

 

Lebih lanjut, lelaki kelahiran, Jakarta, 16 Juni 1961, itu menerangkan, secara keseluruhan film ‘Chrisye’ bagus. “Saya pikir, semua profesi harus punya film seperti itu. Kewajaran. Bagaimana seorang legenda masih mau ngepel, cuci kamar mandi, dan lain-alain. Padahal dia sudah masuk acara paling bergengsi waktu itu ‘Taman Ria Safari’. Bukan gemerlap di atas panggung. Alur ceritanya mengalir begitu lancar, “ terang Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

 

“Jurnalis juga harus begitu, siapa jurnalis yang kuat? Ayo diangkat ke film layar lebar, “ ucapnya mantap.

 

Menurut Ferry Mursyidan Baldan sebagai orang terdekat yang tahu banyak tentang Chrisye membenarkan orangnya memang begitu. “Dia orang yang tak gampang menyampaikan keinginannya. Orangnya relatif introfet. Saya saja sudah berinteraksi beberapa kali baru dia bisa cerita yang lebih mengalir. Banyak sebenarnya yang ingin dia sampaikan, “ paparnya.

 

Ferry Mursyidan Baldan memetik pelajaran berharga dari film ‘Chrisye’, bahwasannya inilah Chrisye yang sebenarnya. “Ketika saya mendokumentasikan berita Chrisye dari buku yang saya buat tidak ada karya saya. Tulisan yang dibuat teman-teman. Saya hanya menegaskan ada sosok yang istimewa. Seorang penyanyi. Dia bagus tidak mengeksploitasi kemanusiaan semata. bahwa karir ditempuh dengan banyak hambatan. Menurut saya itu pesan yang kuat, “ ungkapnya.

 

“Ada proses yang dia jalani untuk mencapai hasil. Semua proses itu tidak gampang. Dan itulah hidup!” tandasnya.

 

Mendukung film ‘Chrisye’, Ferry Mursyidan Baldan siap mengadakan road show ke berbagai kota besar di Indonesia, seperti di antaranya Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan. Bahkan ia merencanakan akan menyandingkan acara filmnya dengan diskusi bukunya. Semua usaha dan jerih payah itu menunjukkan bahwa dia memang benar-benar orang terdekat yang tahu banyak tentang Chrisye yang selalu memupuk kerinduannya pada sang legenda sebagaimana komunitas yang dibentuknya Komunitas Kangen Chrisye (KKC). (Akhmad Sekhu)

 

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts