Luna Maya Jajal Profesi Baru Jadi Penata Busana dalam Film ‘Mata Batin’

Luna Maya Jajal Profesi Baru Jadi Penata Busana dalam Film ‘Mata Batin’

Artis cantik Luna Maya tampaknya tak berpuas diri dalam menjalani profesi. Mulai dari model iklan, catwalk, film, sinetron, presenter, penyanyi, hingga sutradara dan kini ia mulai menjajal profesi baru sebagai penata busana dalam film horor berjudul ‘Mata Batin’. Sebuah pengalaman pertama menjadi kru yang memberi pelajaran sangat berharga baginya.

“Nggak main film, saya jadi penata busana,” kata Luna Maya saat jumpa pers film horor ‘Mata Batin’di kantor PT. Soraya Intercine Films di Jalan Wahid Hasyim No.3, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017)

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Denpasar, Bali, 26 Agustus 1983 itu, menerangkan pengalaman pertama menjadi kru yang memberi pelajaran sangat berharga baginya. Ia mengaku menjadi penata busana bukan perkara mudah. Apalagi untuk film horor. Banyak kostum pemain yang harus disiapkannya disesuaikan dengan alur film ‘Mata Batin’. “Pengalaman pertama, seru. Kirain gampang ternyata ribet karena pemainnya banyak banget,” terang anak pasangan (Alm.) Uut Bambang Sugeng dan Desa Maya Waltraud Maiyer.

Menurut Luna, menjadi penata busana itu memang tidaklah mudah. “Pas dilihat di kamera, cocok apa enggak. Saya sering diskusi sama Pak Rocky karena kan ide kita harus dikawinkan dengan ide sutradara, “ ungkapnya.

Dalam pengalamannya, ada perbedaan mencolok antara kostum yang dikenakan para pemain Mata Batin dengan kostum yang pernah ada pada film horor lain. Umumnya hantu pada film-film horor mengenakan kostum yang cenderung gombrang (sangat longgar), maka tidak demikian dengan hantu di film yang akan rilis pada Nopember mendatang itu. “Dari obrolan dengan sutradara, banyak pelajaran-pelajaran yang saya petik untuk menata kostum. Misalnya, dia minta jangan terlalu gombrang. Susah susah gampang sih. Yang dominan itu warna abu-abu dan item,” bebernya.

Meski harus memutar otak, Luna tipikal orang yang tak gampang menyerah. Bakat dasarnya yang memang mencintai film dan fashion akhirnya membantunya dalam memilih busana pemain. “Pokoknya good experience,” pungkasnya sumringah.

‘Mata Batin’ berkisah tentang Alia (Jessica Mila) yang memutuskan pulang dari Bangkok untuk tinggal di Jakarta. Kepindahannya ke rumah baru ternyata membawa kejadian mistis di kehidupannya.

Film produksi Hitmaker Studios dengan arahan sutradara Rocky Soraya ini dibintangi Jessica Mila, Bianca Hello, Denny Sumargo, dan Citra Prima. Film ini direncanakan tayang pada November 2017 mendatang. (Akhmad Sekhu)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts