Korea-ASEAN Cinema Week 2017 Siap Digelar

Korea-ASEAN Cinema Week 2017 Siap Digelar

Korea-ASEAN Cinema Week (KACW) 2017 siap digelar. Acara yang diselenggarakan oleh Misi Republik Korea untuk ASEAN (Association of South East Asia Nations), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Misi Tetap Kerajaan Kamboja untuk ASEAN dan Sekretariat ASEAN itu akan digelar di Jakarta mulai 28 September hingga 1 Oktober 2017 di CGV Cinemas Grand Indonesia dan di Surabaya mulai 6-8 Oktober 2017 di CGV Cinemas Marvell City. Ada 14 film bertema keluarga yang bisa ditonton secara gratis dari 11 negara anggota ASEAN dan Republik Korea.

Menteri Misi Republik Korea Sang Beom lim mengatakan festival ini akan semakin mempererat kebudayaan Korea dengan negara Asean. Selain itu, dia menilai industri film Asean dan Korea memiliki potensi kerja sama yang besar.

“Negara Asean memiliki beragam budaya yang bisa dijadikan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan. Dengan minatnya film Korea di negara Asean membuat festival ini kami gelar,” kata Sang Beom Lim di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Sedangkan, Danang Waskito, Kasubdit Amerika, Eropa, dan kawasan lainnya Kementerian Luar Negeri mengatakan, tahun ini menjadi tahun spesial bagi ASEAN termasuk Korea dalam penyelenggaraan KACW. “Film adalah media kuat untuk menghubungkan satu negara dengan negara lain dan bisa mengkomunikasikan budaya negara asal film tersebut,” katanya.

Untuk lebih memperkuat ikatan budaya ASEAN dan Republik Korea, tahun ini pun ditetapkan sebagai tahun pertukaran budaya bagi ASEAN dan Republik Korea. Sebagai tanda 50 tahun berdirinya ASEAN akan digelar juga ASEAN Corner di lokasi acara. Beragam kuis dengan banyak hadiah menarik dan aktivitas lain yang disediakan di ASEAN Corner ini. termasuk diantaranya, Duta Muda ASEAN yang akan menambah wawasan pengetahuan kamu tentang ASEAN.

14 film bertema keluarga yang ditampilkan KACW 2017, yaitu:
1. Brunei Darussalam: Film Waris dan Ada Apa Dengan Rina
2. Kamboja: Film Mother’s Heart
3. Indonesia:Film Wonderful Life dan Sabtu Bersama Bapak
4. Laos: Film Vientiane in Love dan Louis Loves Baitong
5. Malaysia: Film The Kid frol The Big Apple
6. Myanmar: Film Kayan Ah Hla
7. Filipina: Film Sonata
8. Singapura: Film Long Long Time Ago
9. Thailand: Film Mr. Hurt
10. Vietnam: Film Yellow Flowers on Green Grass
11. Republik Korea: Film Miss Granny

Adapun, Wisnu Triatmojo, Head Brand Marketing CGV Cinema, mengatakan persiapan bioskop untuk promosi lewat website dan sosial media. “Film ini tidak berbayar alias gratis. Pengambilan tiket tidak melalui website melainkan datang langsung,” ungkap Wisnu.

Tiket nonton gratisnya bisa didapatkan dengan hadir langsung di tempat pemutaran, satu jam sebelum film tayang. Jadwal tayang filmnya bisa dilihat di laman www.cgv.id. Selamat menyaksikan! (Akhmad Sekhu)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts