Angkat Tema #KonsumenPintar, Superbrands Beri Penghargaan Khusus Pemilik Merek Terkemuka

Angkat Tema #KonsumenPintar, Superbrands Beri Penghargaan Khusus Pemilik Merek Terkemuka

Konsumen sekarang tampaknya pintar memilih merek-merek yang sudah pasti terjamin kualitasnya. Apalagi saat ini banyak sumber informasi dan referensi untuk mengenali merek-merek yang ada di pasaran. Evolusi perilaku konsumen yang tentu sangat membanggakan. Berangkat dari fenomena tersebut pada 2017 ini, Superbrands sebagai lembaga arbiter international untuk brand terkemuka kembali memberikan apresiasi pada merek-merek terbaik Indonesia, mengangkat tema kampanye #KonsumenPintar yang merupakan kampanye edukasi konsumen untuk menjadi semakin pintar dengan memilih merek-merek yang sudah pasti terjamin kualitasnya.

Demikian juga, sejak diresmikan, 2004, Superbrands yang sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun dan ber-eksistensi di lebih dari 92 negara ini aktif memberikan panduan dan mendorong merek untuk terus berinovasi. Berbagai merek yang dipilih sudah melalui tahap riset dan pengesahan secara resmi untuk jaminan terbaik bagi konsumen Indonesia melalui lembaga survei international Nielsen. Untuk itu, Superbrands menggelar Gala Awards Night 2017 sebuah pemberian penghargaan yang merupakan bentuk apresiasi Superbrands Indonesia kepada pelaku industri.

APRESIASI
“Kita Superbrands menggelar Gala Awards Night 2017 sebuah pemberian penghargaan merupakan bentuk apresiasi Superbrands Indonesia kepada pelaku industri, “ kata CEO Superbrands Indonesia, Grandtyana Mayasari saat press conference sebelum acara Gala Awards Night 2017, di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Selasa (6/6/2017).

Lebih lanjut, Grand sapaan akrab Grandtyana Mayasari menerangkan, bahwa keberhasilan menciptakan produk yang memberikan dampak signifikan terhadap merek masing-masing. “Dampak itu bisa dalam bentuk meningkatnya kepercayaan dan nilai jual merek tersebut, “ terang perempuan hitam manis.

Menurut Grand, Superbrands terus berupaya untuk menaikkan nilai jual Logo Superbrands. “Sehingga merek-merek yang membawanya juga akan meningkat nilainya di mata konsumen,” ungkapnya mantap.

TANTANGAN
Sementara itu, Direktur Marcomm Nielsen Miladine Inesza Lubis menuturkan, meski fondasi pertumbuhan ekonomi cukup kuat, kondisi ekonomi dan politik sangat mempengaruhi kebiasaan konsumsi masyarakat. “Hal itu membuat merek-merek menghadapi tantangan cukup berat, “ katanya.

Sebagai informasi, tingkat konsumsi di Indonesia per Juni 2017 meningkat ke arah positif. Hal ini karena kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai membaik sejak 2015, yaitu meningkat dari 4,9 persen pada kuartal IV 2016 menjadi 5 persen pada kuartal I 2017.
Tingkat konsumsi yang tinggi ini juga didominasi oleh terus meningkatnya konsumsi kebutuhan rumah tangga yang dilakukan oleh semua kelas market di Indonesia karena meningkatnya tingkat pendapatan minimum (UMR) warga Indonesia sebesar 8 persen selama 3 tahun terakhir

KREATIF
Hal senada juga dikatakan oleh Matt Wiggers, CEO Havas Jakarta, pemilik merek harus terus bekerja keras dan makin berpikir kreatif untuk menghadapi kondisi yang tidak menentu. Supaya merek mereka bisa tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu brand yang aktif dalam memaksimalisalkan brand dan pengembangan marketing dalam bisnis-nya adalah Pertamina. VP Marketing Pertamina, Dendi T Danianto menuturkan, Pertamina bekerja sangat keras untuk selalu menghadirkan produk-produk dan strategi marketing yang membuatnya bisa terus menjadi terdepan dan hasilnya, Pertamina meraih penghargaan Superbrands 2017.

Bukan hanya pemilik merek yang berlomba-lomba untuk berinovasi, Superbrands juga terus berupaya untuk menghadirkan program – program inovasi.

INSPIRASI
Selain #KonsumenPintar, Superbrands juga akan menghadirkan acara puncak berupa Smart Festival 2017, yang merupakan tempat berkumpulnya konsumen, merek, komunitas dan para entertainer yang pastinya akan saling memberikan inspirasi kepada siapapun yang hadir.
Pada 2017, selain menghadirkan penghargaan reguler, Superbrands Indonesia juga menghadirkan penghargaan khusus, Superbrands Special Award 2017 merupakan bentuk apresiasi terhadap pemilih merek yang telah bekerja keras menghadirkan produk terbaik dan juga strategi marketing yang luar biasa untuk menunjang kinerja mereknya.

Pemilihan peraih Superbrands Special Award 2017 menggunakan sistem penilaian yang dilakukan oleh para panelis yang ditunjuk oleh Superbrands Indonesia. Para panelis mewakili para ahli di bidang – bidang yang berkaitan dengan performa sebuah merek, diantaranya ahli marketing, ahli komunikasi, ahli media dan juga pelaku industri itu sendiri.

Acara Gala Awards Superbrands Indonesia mengundang sekitar 35 merek di Indonesia yang mendapatkan status dan penghargaan Superbrands berdasarkan penilaian yang dilakukan dan juga turut mengundang partner perusahaan dari Pertamina – Pertalite, Sania dan Pertamina Enduro selaku sponsor acara ini. (Akhmad Sekhu/ Istimewa)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts