Amanda Rawles dan Jefri Nichol Beradu Akting dalam film ‘Jailangkung’ Versi Baru

Amanda Rawles dan Jefri Nichol Beradu Akting dalam film ‘Jailangkung’ Versi Baru

Sukses film horor ‘Jelangkung’ (2001), duo sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani kini kembali membesut film ‘Jailangkung’. Dalam film produksi Screenplay Films yang berasosiasi dengan Legacy Pictures itu, dua bintang muda Indonesia yang sedang naik daun, yakni Amanda Rawles dan Jefri Nichol, beradu akting dalam film ‘Jailangkung’ versi baru. Dengan mengusung tagline baru ‘Datang Gendong, Pulang Bopong’, film ini siap tayang di bioskop seluruh Indonesia pada Lebaran 2017 mendatang.

TOTAL
“Ini pertama kali saya berperan di film horor. Pertama kali juga dikasih tahu untuk melatih fisik sebelum shooting berlangsung karena dalam film ini banyak adegan lari-lari dan memang benar, butuh energi bermain di film horor,” kata Amanda saat acara Press Junket film ’Jailangkung’ di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (6/5/2017).

Lebih lanjut, Manda, sapaan akrab artis berdarah Indo Australia itu, mengaku dipaksa sutradara Rizal Mantovani untuk berakting dengan wajah sejelek mungkin. “Dalam beberapa adegan, Mas Rizal selalu bilang, ‘Akting dengan wajah jelek ya. Jangan takut jelek. Harus pas ekspresi ketakutannya’,” ungkapnya.

Soal tampang jelek, Amanda Rawles sempat bingung. Maklum saja, artis cantik ini memang begitu patuh dengan perintah sutradara dengan berakting total. “Pokoknya aku harus total bagaimana sih ekspresi ngeri, takut. Ini kan film drama horor. Aku harus bisa menampilkan emosi ketakutan itu dengan pas,” paparnya.

Selama ini, Amanda mengaku terbiasa tampil di film drama percintaan anak muda. “Aku biasa tampil imut, atau nangis sedih karena cinta. Tapi, di film ini harus kucel, dekil karena adegannya ada lari, ketakutan dan lainnya. Pokoknya seru karena baru pertama kali main film horor. Semoga penonton suka. Dan, penggemar ku bisa menerima aktingku yang lain dari film sebelumnya,” ucapnya tampak begitu penuh semangat.

EMOSI
Adapun Jefri, merasakan pengalaman berkesan selama syuting film yang menempatkan dirinya sebagai pemeran utama. “Aku berperan sebagai Rama. Karakter ini yang mengenalkan Jailangkung ke Bella yang dimainkan Amanda Rawles,” ungkapnya.

Bagi Jefri, film ‘Jailangkung’ mempunyai tantangan tersendiri. Ia harus menguras emosi dalam memainkan karakter Rama. “Memang melelahkan. Karena lebih intens emosinya dibanding bermain di film drama. Rasa takut, tegangnya, wah bener-bener butuh energi dan capek banget,” ucapnya.

Pengalaman Jefri yang baru seumur jagung di dunia akting tak menghalanginya untuk tampil all out. Seperti Manda, Jefri juga sangat patut pada arahan sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani, termasuk produser. Aktor yang melejit lewat film Dear Nathan ini misalnya diminta membawa sabun cair selama syuting. “Awalnya aku bingung. Sebelum syuting disuruh bawa sabun mandi. Ngapain sih? Eh nggak tahunya buat mandi. Soalnya aku lakoni banyak adegan kotor-kotor gitu deh waktu bareng dengan boneka jailangkung,” tuturnya begitu jujur.

Uniknya, melakukan adegan demi adegan dengan totalitas prima, tapi sabun cair yang dibawa setiap syuting malahan enggak disentuh. “Mana sempat mandi. Setiap syuting padat jadwalnya. Setelah itu langsung pulang dan tidur. Ya mandi di rumah hahaha,” ungkapnya tergelak.

Jefri mengaku puas karena pengalaman seru berakting di film drama horor. “Ini pengalaman pertama main horor. Terus, diarahin sama sutradara besar. Beruntung banget deh,” pungkas pemuda bergaya kalem.

HISTERIS
Film ‘Jailangkung’ versi baru ini mengangkat kisah tentang tiga kakak beradik, Bella (Amanda Rawless), Angel, dan Tasya, yang ingin menguak misteri mengapa ayah mereka mengalami koma secara misterius. Dengan bantuan Rama (Jefri Nichol), teman kampus Bella yang tertarik pada hal metafisik, mereka berusaha mencari jawaban. Perjalanan itu pun membawa mereka sebuah tempat dan menemukan Jailangkung.

Dalam teaser pertama film ini, kita dapat menyaksikan adegan yang sangat menyeramkan, ketika dua anak muda yang diperankan oleh Amanda Rawless dan Jefri Nichol tengah memainkan permainan jailangkung. Tampaknya Jose Poernomo dan Rizal Mantovani tak main-main dengan film ‘Jailangkung’ versi baru dengan tagline terbaru yang terdengar lebih menyeramkan, “Datang Gendong, Pulang Bopong!”

Kemudian, adegan beralih di sebuah lorong dalam rumah sakit. Amanda Rawless melewati lorong itu, tiba-tiba seorang mahkluk kecil berpakaian putih muncul di depannya. Benda-benda di sekeliling Jailangkung terlihat hancur, kegelapan memang mengisi teaser tersebut.

Bahkan di adegan terakhir makin bikin bulu kuduk merinding, ketika Amanda Rawless yang berbaring di atas ranjang rumah sakit berteriak-teriak begitu histeris sekali. (Akhmad Sekhu)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts