Garap Film ‘Insight’, Livi Zheng Gandeng Yayan Ruhian sebagai Koreografi Laganya

Garap Film ‘Insight’, Livi Zheng Gandeng Yayan Ruhian sebagai Koreografi Laganya

Setelah sukses dengan film ‘Brush with Danger’, Livi Zheng menggarap film ‘Insight’. Dalam film yang berkisah tentang indera keenam, sutradara Indonesia yang mampu menembus jagat perfilman dunia di Hollywood itu menggandeng aktor laga Yayan Ruhian sebagai salah satu koreografi laganya.

“Dalam film ini ada sixth sense-nya. Makanya judulnya Insight, pengetahuan yang dalam,” kata Livi saat konferensi pers di Nam Center Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (9/8/2016) petang.

Livi mengaku ide membuat film ini terinspirasi dari momen sparring atau latih tanding sebelum perlombaan olahraga. Misalnya, dalam pertandingan tinju ataupun sepak bola.
“Pada saat sparring, sebelum tanding, we’re in the zone. Di titik yang sangat fokus. Di situ kadang atlet membayangkan, memperkirakan kapan lawan akan bergerak. Pukulan apa yang akan dilemparkan lawan. Makanya, timbul ide sixth sense (indera keenam) itu yang agak mirip dengan experience ketika sparring,” paparnya.

Lebih lanjut, perempuan kelahiran 3 April 1989 itu menerangkan pilihannya pada Yayan Ruhian. “Saya milih Kang Yayan, waktu pertama ketemu dia warm and friendly. Nah, kalau di film itu kecocokan kepribadian penting dan aku merasa cocok dengan Kang Yayan. Makanya ajak kolaborasi,” terang Livi.

Menurut Livi, ia menambahkan jurus-jurus silat khas Indonesia untuk filmnya yang bergenre action-thriller tersebut. “Maka dari itu, Yayan Ruhiyan yang sudah berpengalaman dalam banyak film laga merupakan pilihan yang tepat, “ ucapnya mantap.

Adapun Yayan menyampaikan rasa kebanggaannya ketika mendapat tawaran dari Livi, sineas Tanah Air yang dinilainya sanggup menembus industri film Hollywood.
“Yang membuat saya merasa harus support dia, dia punya semangat luar biasa,” ucapnya.

Yayan mengungkap, ia bertanggung jawab atas tiga dari 16 adegan laga dalam film itu. Adegan laga lainnya ditangani seorang penata laga dari AS.”Saya cuma menambahkan tiga scene figthing dengan durasi 10 menit. Saya bawa lima tim ke sana dan untuk prosesnya itu makan waktu 10 hari,” ungkapnya.

‘Insight’ berkisah tentang dua kakak beradik petarung, Jian (Ken Zheng) dan Bao, yang memiliki bakat indera keenam. Namun, keduanya memilih jalan hidup berbeda.
Masalah muncul ketika Jian menerima kabar mengejutkan, Bao tewas di Los Angeles, AS. Jian pun terbang ke Amerika untuk menyelediki penyebab kematian saudaranya hingga harus berhadapan dengan sindikat mafia.

Film ini dibintangi sederet bintang film Hollywood, seperti di antaranya Tony Todd (Final Destination), Keith David (Armageddon dan The Chronicles of Riddick), John Savage (The Godfather III), dan Francois Chau (Teenage Mutant Ninja Turtles II). Film ini direncanakan tayang awal tahun depan. (Akhmad Sekhu)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts