Festival Cannes ke 68 Dibuka

Festival Cannes ke 68 Dibuka

Festival Film Cannes ke-68 resmi dimulai, Rabu (13/5/2015) malam, di Cannes, Prancis. Dihadiri sejumlah bintang dunia dan dibuka dengan film karya sutradara perempuan.

Upacara pembukaan, yang dilakukan aktor Prancis Lambert Wilson, berlangsung di Istana Festival. Lalu para juri dan awak film yang berjalan di karpet merah untuk masuk dan mengikuti pemutaran film.

Film pembuka tahun ini yaitu film Prancis La Tete Haute (Standing Tall) oleh aktris, sutradara film dan penulis skenario asal Prancis Emmanuelle Bercot.
Ini merupakan kedua kalinya dalam sejarah Festival Film Cannes yang film pembukanya disutradarai oleh seorang wanita.

“Film Emmanuelle Bercot membuat pernyataan penting tentang masyarakat kontemporer, sesuai dengan bioskop modern. Ini memfokuskan pada isu-isu sosial yang universal sehingga cocok untuk khalayak global di Cannes,” kata Thierry Frémaux, direktur festival.

Juri dari kompetisi utama, terdiri dari sembilan orang, dipimpin oleh dua bersaudara dari Amerika Serikat Joel dan Ethan Coen, yang memenangkan Palme d’Or pada 1991. Aktris Prancis Sophie Marceau dan aktor Amerika Jake Gyllenhaal juga ada di antara para juri.

Sejumlah 19 film, termasuk tiga film dari Asia, dipilih pada April untuk bersaing meraih penghargaan utama Palme d’Or pada acara festival film tahunan ini.

Film-film tersebut di antaranya film Shan He Gu Ren karya sutradara, penulis skenario dan produser Jia Zhangke dari Tiongkok daratan, film Nie Yinniang (the Assassin) oleh Hou Hsiao-Hsien dari Taiwan, dan Umimachi Diary oleh Kore-Eda Hirokazu dari Jepang.

Kemudian film Carol dibintangi Kate Blanchett, Sea of Trees dibintangi Matthew McConaughey dan Naomi Watts, La Giovinezza dibintangi Michael Caine dan Jane Fonda.

Sementara aktris Natalie Portman akan mempersembahkan film pertamanya sebagai sutradara dalam A Tale of Love and Darkness. Selain itu ada em>Mad Max: Fury Road yang dibintangi Tom Hardy dan Charlize Theron, dan kemudian film produksi Disney-Pixar, Inside Out, yang disutradarai Pete Docter.
Selain itu juga akan ada Amy, film dokumenter musisi Amy Winehouse, film arahan Woody Allen Irrational Man, dan karya terakhir sutradara Gaspar Noe, Love.
Calon-calon kuat penerima Palme d’Or sendiri adalah Carol yang dibintangi Cate Blanchett dan Rooney Mara; film arahan Gus Van Sant yang dibintangi Matthew McConaughey Sea of Trees, Sicario dari Denis Villeneuve yang dibintangi Emily Blunt dan Josh Brolin, dan Macbeth yang dibintangi Michael Fassbender dan Marion Cotillard.
Festival Film Cannes ke-68 berlangsung mulai 13 hingga 24 Mei di Cannes. Film penutup yang akan ditampilkan yaitu La Glace et Le Ciel (Ice and the Sky) disutradarai oleh Luc Jacquet.

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts