“Soekarno” Raih Best Screenplay di AIFFA 2015

“Soekarno” Raih Best Screenplay di AIFFA 2015

ASEAN Internasional Film Festival and Awards (AIFFA) 2015 digelar pada 9 – 11 April di Borneo Convention Centre di Kuching, Malaysia. Lebih dari 50 film bertarung pada 12 kategori penghargaan terbaik di ASEAN.

Sineas Indonesia meraih penghargaan Skenario Terbaik untuk Ben Sihombing lewat film Soekarno.

Sementara, Film terbaik jatuh pada film Malaysia Terbaik Dari Langit. Aktor film ini Bront Palare juga meraih Aktor Terbaik. Sedang Sutradara Terbaik jatuh ketangan sutradara Filipina, Joseph Laban (Nuwebe).

Dari Filipina, aktris Cherie Gil memenangkan penghargaan Aktris Terbaik untuk perannya dalam film Sonata. Dia menyisihkan rekannya aktris Vivan Valez (Bendor), Barbara Miguel (Nuwebe) dan Krystle Valentino (Purok 7), serta aktris Indonesia Prisia Nasution.

Untuk Lifetime Achievement Award diberikan kepada akris Filipina Nora Aunor. Demikian juga bintang
internasional Jackie Chan menerima Asian Inspiration Award.

AIFFA mulai digelar pada tahun 2013 dan merupakan perayaan dari para pembuat film terbaik di wilayah ASEAN. Festival yang didukung 10 kementrian Pariwisata ini melibatkan lebih dari 200 tokoh perfilman internasional termasuk Hollywood dan Bollywood baik produser, sutradara, bintan film dan mereka yang terlibat dalam industry perfilman.

Lebih dari 300 media meliput AIFFA yang menelan biaya lebih dari US$ 20juta. Dimulai pada 9 April 2015, dengan pemutaran sejumlah film. Diantaranya Movies in the Rainforest, sebuah film 12 jam maratorn yang berlatar Sarawak Cultural Village. Festival yang digelar selama tiga hari ini juga menjadi tempat pemasaran film dan membangun bisnis jaringan. Selain itu digelar seminar tentang teknologi film terbaru. (Bernama/SW)

Daftar Pemenang AIFFA
Best Director – Joseph Laban – ‘Nuwebe’ – Philippines

Best Film – ‘Terbaik Dari Langit’ – Malaysia

Best Actress – Cherie Gil – ‘Sonata’ – Philippines

Best Supporting Actress – Nadiah Wahid – ‘Yasmine’ – Brunei

Best Actor – Bront Palare – ‘Terbaik Dari Langit’ – Malaysia

Best Supporting Actor – Sok Sothun – ‘The Last Reel’ – Cambodia

Best Photography – Dang Xuan Truong – ‘Inseminator’ – Vietnam

Best Editing – Benjamin Tolentino – ‘Bendor’ – Philippines

Best Screenplay – Ben Sihombing – ‘Soekarno’ – Indonesia

Special Jury Award:

1. ‘The Lion Men’ – Singapore

2. ‘Pee Mak’ – Thailand

Lifetime Achievement Award – Nora Aunor – Philippines

ASEAN Spirit Award – ‘Purok 7′ – Philippines

ASEAN Inspiration Award – Datuk Jackie Chan

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts