Daftar Lengkap Finalis Film Pendek di XXI Short Film Festival 2015

Daftar Lengkap Finalis Film Pendek di XXI Short Film Festival 2015

Cinema 21 kembali menggelar XXI Short Film Festival yang tahun ini menginjak tahun ketiga. Sebuah konsistensi Cinema 21 untuk mendukung industri perfilman Indonesia, khususnya bagi para filmmaker muda agar dapat menunjukkan kemampuan mereka melalui kompetisi film pendek.

Selama masa pendaftaran yang berlangsung mulai dari 8 September s/d 10 Desember 2014, Panitia Kompetisi film pendek XXI Short Film Festival 2015 telah menerima 651 pendaftar film pendek yang kemudian diseleksi menjadi 23 finalis film pendek yang terdiri tiga kategori kompetisi, yaitu sembilan finalis kompetisi film pendek fiksi, enam finalis kompetisi film pendek dokumenter, dan delapan finalis kompetisi film pendek animasi.

“Senang sekali rasanya XXI Short Film Festival sudah memasuki tahun ketiga. Kami senang karena antusiasme dari para peserta, juri, dan seluruh tim, kini kian bertambah. Setiap tahunnya kami menemukan adanya peserta baru, ide baru, cerita baru, dan itu bisa dituangkan lewat wadah seperti XXI Short Film Festival ini,” kata Catherine Keng, Festival Director XXI Short Film Festival, saat acara Press Conference XXI Short Film Festival 2015 di XXI Club Djakarta Theater, Jakarta Pusat, (5/3/2015).

Lebih lanjut, Catherine menerangkan, bahwa tujuan acara ini untuk mencetak sineas yang baik di Indonesia. “Sineas film Indonesia nggak kalah kok dengan luar negeri, “ ungkapnya.

Menurut Catherine, para finalis tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumya, yang kali ini menyajikan film-film yang sangat bervariatif, baik dari segi tema serta konsep cerita yang diangkat. “Kali ini para finalisnya sangat kreatif dengan ide-ide film yang dibuatnya. Mereka benar-benar ingin menunjukan skill mereka,” pungkasnya.

Berikut daftar lengkap finalis film pendek di XXI Short Film Festival 2015, yaitu:

Film Pendek Fiksi
1. ‘Jerat Samsara’ – BW Purba Negara.
2. ‘Seserahan’ – Jason Iskandar
3. ’05:55′ – Tiara Kristiningtyas
4. ‘Vampire’ – Fitro Dizianto
5. ‘Joshua’ – Alvin Ardiansyah
6. ‘Ijolan’ – Eka Susilawati
7. ‘Onomastika’ – Loeloe Hendra
8. ‘Gula-Gula Usua’ – Ninndi Raras
9. ‘Lemantun’ – Wregas Bhanuteja.

Film Pendek Dokumenter
1. ‘Penders dan Penginep’ – Achmad Ulfi
2. ‘Hari yang Lain untuk Bakka’ Sendana’ – N. Priharwanto
3. ‘Pulang’ – Yosafat Disti Okkaviano
4. ‘Jagal’ – YB Dipta Diwangkara
5. ‘Iblis Jalanan’ – Salman Farizi
6. ‘Digdaya Ing Bebaya’ – BW Purba Negara

Film Pendek Animasi
1. ‘Biggu Duddy’ – Ruben Adriano
2. ‘The Demits’ – Ruben Adriano
3. ‘Wachtenstaad’ – Fajar Ramayel
4. ‘A Week With Heru’ – Made Dimas Wirawan
5. ‘Pret’ – Firman Widyasmara
6. ‘Pohon Mahkota Kucing’ – Moch. Zainuri
7. ‘Djakarta-00′ – Galang Ekaputra Larope
8. ‘Ngejer Sari!!!’ – Bonny Bimapoetra

23 finalis film pendek akan diputar terbuka untuk umum secara gratis pada 18 – 22 Maret 2015 di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, (Akhmad Sekhu)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts