Ida, Film Polandia Peraih Oscar

Ida, Film Polandia Peraih Oscar

Ida, Film Polandia yang meraih Oscar pertama.

Film karya Pawel Pawlikowski ini meraih Piala Oscar 2015 sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Ini merupakan kemenangan pertama karya sineas Polandia di ajang bergengsi. Ida juga mengalahkan film satir Rusia yang menjadi unggulan Leviathan.

“Kami membuat film tentang keheningan dan menarik diri dari dunai dan kebutuhan untuk kontemplasi, di sini di tengah dunia yang penuh hirup pikuk dan menarik perhatian. Fantastis, hidup ini penuh kejutan,” ungkap Pawlikowski saat menerima penghargaan.

Ini merupakan nominasi Oscar pertama bagi Pawlikowski. Sebelumnya dia telah memenangkan film Inggris Terbaik 2005 untuk film My Summer of Love dan meraih penghargaan pendatang baru yang menjanjikan di tahun 2001 atas film Last Resort.

Ida berkisah tentang kehidupan seorang biarawati pemula yang hidup di Polandia era 1960an yang mendapati bahwa dirinya seorang Yahudi tepat sebelum dia mengikat sumpah suci. Ida muncul sebagai pesain kuat setelah sebelumnya film ini memenangkan penghargaan Film Terbaik pada London Film Festival 2013. Sedang pesaingnya Leviatan juga memenangkan B AFTA untuk film asing terbaik dan Film Terbaik padasejumlah penghargaan film di Eropa, namun gagal di Golden Globes.

Meskipun Ida sukses di Polandia saat dirilis Oktober 2013, dan meraih empat penghargaan Polandia FilM Academy Awards termasuk untuk Film Terbaik, banyak yang menilai bahwa film ini nyaris tunduk pada kampanye anti-Polandia. Pawlikowski mengeluh bahwa ini merupakan kebencian dari media Polandia sayap kanan. (theguardian.com)

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts