Film Dokumenter Edward Snowden Menang Oscar

Film Dokumenter Edward Snowden Menang Oscar

Film tentang Edward Snowden berjudul Citizenfour memenangkan piala Oscar 2015 untuk kategori film non fiksi.

Film karya Laura Poitras ini memenangkan Best Documentary, untuk sutradara Laura Poitras, editor Mathilde Bonnefoy dan Produser Dirk Wilutzky.

Film ini merupakan kronikel dari mantan kontraktor NSA Edward Snowden yang mengungkap skandal mata-mata yang kemudian dipublikasikan oleh The Guardian dan Washington Post pada Juni 2013. Publikasi tersebut meraih Pulitzer pada tahun 2014 untuk kategori jurnalis Layanan Publik. Judul film ini berasal dari nama samaran Snowden.

Kemenangan Citizenfour sudah diperkirakan sejak awal. Serangkai penghargaan telah diraih termasuk film documenter terbaik di BAFTA, DGA dan National Society of Film Critics. Sang sutradara sebelumnya telah masuk nominasi Oscar 2007 untuk filmnya My Country My Country yang merekam kehidupan warga Irak setelah pendudukan AS. Kemenangan Citizenfour menjadi titik balik bagi Poitras yang dipaksa untuk mengedit film ini di Berlin terkait kasus FBI yang berusaha untuk merebut rekaman itu.

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts