Gina Rodriguez, Berjuang demi Cinta

Gina Rodriguez, Berjuang demi Cinta

Kemenangan Gina Rodriguez pada ajang Golden Globes 2015 menjadi salah satu kejutan besar. Aktris ini berhasil menyisihkan Julia Louis-Dreyfus dan Taylor Schilling dan membawa pulang piala Aktris Terbaik untuk kategori serial TV Komedi.

Gina menang berkat perannya sebagai gadis religious yang secara tidak sengaja hamil dalam serial Jane the Virgin. Serial ini berdasarkan telenovela Venezuela, berjudul Juala la Virgen.

Siapakah Gina ? Sebelum memerankan Jane, aktris berdarah Purto Rico kelahiran Chicago Illinois, 30 Juli 1984 ini mulai terkenal lewat opera sabun The Bold and the Beautiful. Gadis kelahiran Chicago ini. Bungsu dari tiga bersaudara ini mengaku menjadi aktris karena terinspirasi oleh kedua kakaknya yang menjadi banker dan dokter.

“Kedua saudara saya ini melakukan langkah yang dianggap gila komunitas kami, untuk keluarga kami, “ ungkap Rodriguez dalam sebuah wawancara. “Mereka mengejar pendidikan terbaik dan mereka mematahkan stereotype. Saya melihat mereka melakukan apa yang mereka cintai dan berjuang untuk itu, bahkan disaat kami tidak punya uang untuk membayar sekolah. Dan itu menginspirasi saya untuk berbuat sesuatu,” paparnya.

Dia pun jatuh cinta pada dunia pertunjukan dan menjadi penari penari salsa. Ketika menginjak usia 17 tahun, dia keterima di Columbia Universtiy jurusan Teatrical Collaboration. Gina pun putar haluan ke dunia acting. Ia juga masuk Tisch School of the Arts dan berlatih selama empat tahun di the Atlantic Theater Company dan Experimental Theater Wing. Bahkan sempat memerankan Frida kahlo dalam pertunjukan berjudul The Last Moments in the Life of Frida Kahlo di American Stage Theatre.

Peran yang menangkat namanya adalah serial opera sabun The Bold and the Beautiful (2011). Kemudian dia maind alam film musical Go For It dan meraih nominasi Imagen Awards 2011 dan memenangkan penghargaan itu lewat film musical Filly Brown (2012), dimana Gina berperan sebagai rapper Latin. Dia berhasil mengalahkan Eva Longoria dan Eva Mendes dan meraih Aktris Terbaik pada Imagen Foundation Award. Dia juga menerima Best Actor Award pada First Run Film Festival di New York dan Inaugural Lupe Award 2013.

Gina termasuk pemilih dalam berperan. Ia bahkan menolak peran dalam serial Devious Maids. “Saya tidak mengambil peran karena uang. Itu mungkin mengisi buku cek tetapi bukan integritas saya,” akunya pada Cosmopolitan. Dia malah memilih film Sleeping with the Fishes.

Jeda untuk musim kedua Jane the Virgin diisi Gina dengan membuat album rekaman. “ Saya ingin bermusik dan mencurahkan perasaan sama besar seperti ketika saya berakting,” ucapnya. Dia memilih berjuang untuk yang dia cintai dengan sepenuh hati.

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts