Bradley Cooper, Best Actor Tiga Kali Berturut

Bradley Cooper, Best Actor Tiga Kali Berturut

Bradley Cooper untuk ketiga kalinya dinominasikan sebagai peraih Piala Oscar selama tiga tahun berturut-turut. Kemampuan akting menjadi pertaruhan. Di sisi lain faktor nasib dan peruntungan akan turut berperan. Apapun hasilnya, Cooper telah menempatkan diri sebagai salah satu aktor sukses dekade ini.

Sesungguhnya ajang Oscar kali cukup menjadi beban bagi Cooper. Dua kali sebelumnya dia nyaris pulang piala lewat Silver Linings Playbook dan American Hustle. Tahun 2015 ini ia bersaing dengan Benedict Cumberbatch (The Imitation Game), Eddie Redmayne (The Theory of Everything), Steve Carell (Foxcatcher), dan Michael Keaton (Birdman) melalui film American Sniper.

Untuk menjadi Kyle, Cooper sudah berjuang keras. Ia menaikkan menambah massa ototnya hingga 13,6 kilogram. Cooper juga mendalami gerak-gerik militer. Selain nominasi Best Actor, Cooper juga masuk deretan nominee Best Picture karena ia duduk sebagai produser film produksi Warner Bros ini bekerja sama dengan Peter Morgan.

Bintang Cooper sekarang memang tengah cemerlang. Namun semua itu diperoleh lewat perjuangan panjang. Bradley pernah berkuliah di Villanova University pada tahun pertama, kemudian ia ditransfer ke Georgetown University dan lulus dengan gelar BA di Inggris pada 1997.

Selagi menimba ilmu, Bradley menyempatkan diri untuk bekerja sebagai penjaga keamanan di sebuah hotel. Selama itu, ia mengabdikan dirinya di Hotel kawasan New York bernama Morgans Hotel.
Pria kelahiran 5 Januari 1975 di Philadelphia, Pennsylvania ini memulai karier di layar televisi saat tampil di serial Sex and the City (1998). Ia memerankan tokoh bernama Jake dalam Episode berjudul ‘They Shoot Single People, Don’t They?’.

Semenjak itu dia terus main ftv seperti The Street, Law and Order Special Victims Unit, Alias, Nip/Tuck, Bahkan sempat menjadi pembawa acara Globe Trekker.

Tak ada yang tak mungkin bagi aktor berpendidikan seperti Bradley Cooper untuk mengabdikan dirinya sebagai entertainer. Pada 2001, ia bermain dalam serial televisi laga bertajuk Alias hingga 2006 yang berjumlah 46 episode. Lalu, langkahnya kembali bersinar setelah tampil dalam serial Jack & Bobby sebanyak 14 episode sejak 2004 hingga 2005.

Aktor dengan gelar MFA (Master of Fine Arts) untuk bidang akting dari Actors Studio Drama School di The New School NewYork memulai film layar lebar pertama adalah dalam film Wet Hot American Summer (2001).

Nama Bradley sebagai pemain pendukung di sebuah film, mulai terlihat saat ia tampil dalam komedi bertajuk Wedding Crashers (2005). Namanya pun semakin menonjol ketika ia mendapat kehormatan untuk bermain bersama Jim Carrey dalam Yes Man (2008).

Kesempatan untuk tampil bersama aktor kawakan Ben Affleck juga pernah diselaminya saat ia terlibat sebagai aktor pendukung dalam film komedi He’s Just Not That Into You (2009). Di situ, ia juga tampil bersama Jennifer Aniston, Drew Barrymore, dan Jennifer Connelly. Selanjutnya namanya semakin bersinar saat main film komedi Wedding Crashes, Failure To Lauch, dan The Hangover Part II.

Kemampuan acting Cooper semakin terasah ketika dia terlibat dalam Three Days of Rain bersama Julia Roberts dan Paul Rudd di teater Bernard B Jacobs. Dia pun masuk nominasi Oscar 2012 Aktor Terbaik lewat film The Silver Linings Playbook. Setahun kemudian dia kembali masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik lewat film American Hustle. Dan kini untuk ketiga kalinya dia masuk nominasi Oscar sebagai actor terbaik untuk film American Sniper. Semoga peruntungannya baik di tahun ini !

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts