Sutradara Mike Nichols Tutup Usia

Sutradara Mike Nichols Tutup Usia

Sutradara film, teater, dan televisi, Mike Nichols, salah seorang tokoh industri hiburan Amerika yang paling banyak mendapat penghargaan, meninggal karena serangan jantung pada usia 83 tahun.

Nichols adalah salah satu dari hanya segelintir penghibur yang telah memenangkan empat penghargaan utama dalam bisnis pertunjukan: sebuah Oscar untuk film The Graduate (1967), beberapa Emmy untuk acara televisi, sembilan penghargaan Tony untuk teater Broadway,dan Grammy untuk album komedi pada 1961.

Pria kelahiran Jerman ini tiba di Amerika Serikat saat masih anak-anak, dan mengatakan ia hanya mengenal dua frase bahasa Inggris “I do not speak English (Saya tidak berbicara bahasa Inggris)” dan”Please do not kiss me (Jangan cium saya).”

Ia mulai terkenal pada 1950-an bermitra dengan komedian Elaine Mei. Acara komedi mereka mengolok-olok masyarakat AS puas akan diri sendiri dan konformis, termasuk orang-orang yang putus asa mencari cinta dan kehidupan di pinggiran kota yang membosankan.

Nichols adalah salah satu dari hanya segelintir penghibur yang telah memenangkan empat penghargaan utama dalam bisnis pertunjukan: Oscar, Emmy, Tony dan Grammy.

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts