iHebat Lantik Para Sineas Mancanegara Jadi Duta Ekonomi Kreatif

iHebat Lantik Para Sineas Mancanegara Jadi Duta Ekonomi Kreatif

iHebat International Volunteers melantik para sineas mancanegara untuk menjadi Duta Ekonomi Kreatif. Pelantikan yang dilakukan dalam satu rangkaian acara penghargaan International Film Festival for Spirituality, Religion and Visionary (IFFSRV) ini dilakukan agar para sineas mancanegara itu dapat mempromosikan Indonesia di negaranya masing-masing.

“Kita melantik para sineas mancanegara untuk jadi Duta Ekonomi Kreatif demi harapan agar mereka dapat mempromosikan Indonesia di negaranya masing-masing. Pelantikan ini kita gelar masih dalam satu rangkaian acara penghargaan International Film Festival for Spirituality, Religion and Visionary, “ kata Damien Dematra dalam jumpa pers di Pusat Kebudayaan Rusia, Kamis (27/11/2014).

Lebih lanjut, Damien yang bertindak sebagai founder dan director international Film Festival ini menerangkan, bahwa ajang penghargaan IFFSRV mengangkat tema-tema tentang toleransi, religi, spiritual dan visioner ini sehari sebelumnya telah menggelar acara Malam Penganugerahan di Planet Hollywood, Jakarta. “Acara sangat meriah dengan dihadiri artis, pejabat dan anggota masyarakat sebagai bagian dari perayaan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh pada 16 November, “ terang Damien.

Menurut Damien, sekitar 711 film dari seluruh dunia ikut serta dalam festival ini. “Salah satu pertimbangan utama pertimbangan utama pemilihan film terbaik dalam festival ini merujuk pada tujuan festivak yang antara lain adalah mempererat toleransi antar agama, membangun hubungan yang sehat dalam masyarakat, serta mempererat komunikasi dengan Sang Khalik, terlepas dari perbedaan jenis kelamin, agama, ras dan status ekonomi, “ paparnya.

Festival IFFSRV ini bekerjasama dengan berbagai partner festival film internasional dengan dukungan Cinema XXI, Russian Culture Center, Gaib, Gerakan Peduli Pluralisme (GPP), dan iHebat International Volunteers yang didirikan oleh Damien Dematra dan dipimpin oleh Arie Rahmadani. dengan Ibu Dr. BRA Moeryati Soedibyo sebagai sesepuh. iHebat International Volunteers bertujuan untuk mempromosikan Indonesia, khususnya ekonomi kreatif, ke berbagai penjuru dunia.

Sebelumnya, pada Malam Pembukaan IFFSRV telah diluncrkan klip lagu ‘A Salut to Jokowi’ ciptaan Damien Dematra yang dinyanyikan Natasha Dematra yang merupakan bentuk apresiasi pada Presiden Jokowi yang menjadi seorang tokoh yang toleran dan visioner sesuai dengan visi festival IFFSRV ini. (Akhmad Sekhu)

About The Author

Akhmad Sekhu adalah wartawan Moviegoers dan juga sastrawan. Lelaki kelahiran desa Jatibogor, Suradadi, Tegal dan alumni Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) ini menulis puisi, cerpen, novel, resensi buku, artikel arsitektur-kota, film, TV, musik, buku biografi, dll. Prestasi: Pemenang Lomba Cipta Puisi Perguruan Tinggi se-Yogyakarta (1999), Penulis Terbaik "Suara Mahasiswa" di Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta (1999), Pemenang Lomba Mengarang Pahlawan Nasional Mohammad Husni Thamrin di Jakarta (2004), Pemenang Favorit Lomba iB Kompasiana Blogging Day (2010), Pemenang Media Writing Competition Film Laura & Marsha (2013), Pemenang Cerpen Festival Fiksi Anak Kompasiana (2013), Pemenang Sinopsis Film Omnibus Laki-laki Lelaki (2014). Menjadi Tim Penulis Buku Ensiklopedi Gubernur DKI Jakarta (Yayasan Biografi Indonesia, 2012), Tim Buku dan Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2014 di Palembang, penulis buku Festival Film Etnik Nusantara (FFEN) 2015 di Biak-Papua, Tim Buku dan Humas Usmar Ismail Awards (UIA) 2016, penulis buku FFI 2016, dll. Novelnya “Jejak Gelisah” (2005) diterbitkan Grasindo (Gramedia Group). Kini sedang menyiapkan “Kitab Cinta Film Indonesia”.

Related posts