Adaptasi Live Action dari Lupin the Third

Adaptasi Live Action dari Lupin the Third

Satu lagi tokoh legendaris anime Jepang yang diangkat menjadi film live action. Setelah Kenshin Himura, kini ada detektif humoris Lupin. Mulai dari aksi seru perebutan harta karun, teka-teki yang harus dipecahkan, hingga aksi kebut dan tembak-tembakan menjadi suguhan yang tak boleh kamu lewatkan pada Lupin the Third.

Film ini dengan pencarian Ketua The Works, sebuah organisasi berisi pencuri-pencuri ulung. Namun, pada malam perjamuan, The Works kehilangan pemimpinnya. Dawson (Nick Tate), ketua organisasi tersebut tewas dalam sebuah serangan pengkhianatan yang mengejutkan. Michael Lee (Jerry Yan) pergi membawa kalung The Crimson Heart of Cleopatra dan berniat menemukan batu rubinya yang hilang demi kepentingannya sendiri.

Merasa geram dengan aksi itu Lupin (Shun Oguri) bertekad merebut kembali kalung itu. Bersama dengan Daisuke Jigen (Tetsuji Tamayama) dan Fujiko Mine (Meisa Kuroki), Lupin memulai pencariannya. Sementara itu, Inspektur Zenigata (Tadanobu Asano) dari ICPO masih bersemangat menangkap Lupin, apa pun yang terjadi. Namun, dengan akal seribunya, Lupin lagi-lagi berhasil kabur. Setelah mendapatkan informasi dengan Inspektur Zenigata, Lupin segera menyusun rencananya merebut kembali The Crimson Heart of Cleopatra. Dengan merekrut Goemon (Go Ayano), lengkaplah sudah tim bentukan Lupin dengan tujuan mencapai satu misi: merebut Crimson Heart of Cleopatra.

Karakter Michael Lee dan Pierre dalam film ini sebenarnya cukup menarik, membuat jajaran tim bentukan Lupin semakin ramai. Hanya saja kehadiran keduanya cukup mengganggu orisinalitas Lupin III. Shun Oguri mampu membawakan karakter Arsene Lupin III dengan baik, walaupun tidak bisa dibilang brilian. Tapi Jerry Yan kurang memberi kejutan sebagai sosok penjahat.
Untungnya, Lupin III diselamatkan oleh karakter Goemon yang, walaupun jarang bicara, tingkahnya selalu membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Lupin the Third adalah film yang berdasarkan manga karya Monkey Punch yang berjudul Lupin III yang pertama kali muncul di Futabasha Weekly Manga Action tahun 1967. Cerita ini telah memiliki sejumlah adaptasi termasuk Hayao Miyazaki 1979 classic anime Film The Castle of Cagliostro. Sedang pertama kalinya dalam bentuk serial pada tahun 1984-1985 yang menceritakan kegiatan dan aksi Lupin si pencuri ulung dengan gengnya di Republik San Marino, Italia.

Pada tahun 2014 muncul versi layar lebar dengan disutradarai oleh Ryuhei Kitamura (Versus, Azumi, Godzilla: end of Wars). Walaupun mendapat cukup banyak kritikan, Lupin III berhasil menduduki peringkat kedua dalam jajaran box office Jepang setelah rilis pada 30 Agustus 2014. Agaknya kerja keras Ryuhei Kitamura tidak sepenuhnya sia-sia.

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts