Clooney Raih Cecil B DeMille Award

Clooney Raih Cecil B DeMille Award

George Clooney bakal menerima Cecil B. DeMille Award dalam penganugerahan Golden Globe Awards 2015. Hal itu semakin mengukuhkan Clooney sebagai salah satu orang paling berpengaruh di Hollywood.

Penghargaan penghargaan khusus, Cecil B. DeMille Award dari Hollywood Foreign Press Association (HFPA) akan diberikan pada penghargaan Golden Globe Awards ke-72, yang akan diselenggarakan 11 Januari 2015 mendatang.

“HFPA merasa terhormat untuk menganugerajkan Cecil B. DeMille Award kepada George Clooney untuk merayakan kontribusinya yang luar biasa, baik di depan maupun di belakang kamera,” ungkap Theo Kingma, presiden HFPA dalam pernyataannya.

Clooney mengawali kariernya sebagai aktor di akhir tahun 1980-an, namun namanya baru melambung ketika membintangi serial TV bertema kedokteran, E.R. sejak tahun 1994. Kariernya beralih menjadi bintang film layar lebar dan bahkan merambah sebagai penulis skenario, produser, dan sutradara.

Selain sering mendapat nominasi penghargaan sebagai aktor–termasuk menang sebuah piala Oscar dan tiga Golden Globe, film-film garapannya pun kerap masuk ajang penghargaan bergengsi. Misalnya, lewat Good Night. And Good Luck, The Ides of March, hingga Argo.
Selain melihat kariernya di dunia film, HFPA juga memberikan penghargaan khusus ini dengan melihat aktivitas Clooney dalam bidang kemanusiaan. Salah satu yang paling menonjol adalah kampanyenya untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan di Darfur, Sudan, pemulihan pascabencana di Haiti, juga menjadi duta perdamaian PBB.

Cecil B. DeMille Award adalah penghargaan khusus yang diberikan HFPA setiap tahun di ajang Golden Globe Awards, yang diberikan kepada insan yang dianggap memberi pengaruh besar dalam dunia hiburan. Nama penghargaan ini sendiri diambil dari sosok Cecil B. DeMille, sineas legendaris Hollywood yang terkenal lewat karya-karya seperti The Ten Commandments, The Greatest Show on Earth, dan Cleopatra. DeMille sendiri juga jadi orang pertama yang menerima penghargaan ini di tahun 1952.

Di antara DeMille dan Clooney, sudah banyak nama-nama besar dunia perfilman yang menerima penghargaan ini. Di antaranya adalah Walt Disney, Frank Sinatra, Alfred Hitchcock, Elizabeth Taylor, Clint Eastwood, Audrey Hepburn, Robert Redford, Al Pacino, Robin Williams, Steven Spielberg, Martin Scorsese, Robert De Niro, dan baru pada tahun 2014 ini, Woody Allen. (oscar.com/sw)

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts