Grace of Monaco Tidak Diakui Keluarga Kerajaan

Grace of Monaco Tidak Diakui Keluarga Kerajaan

Film Grace of Monaco dilarang diputar di Monako oleh keluarga kerajaan tersebut, Keluarga Grimaldi. Film yang dibintangi oleh Tim Roth dan Nicole Kidman sebagai Pangeran Rainier III dari Kerajaan Monako dan istri Rainier, artis Hollywood Grace Kelly, dianggap menjelekkan citra sang Pangeran.

Film yang dirilis pada 2014 itu berfokus pada krisis perkawinan dan identitas Grace selama perselisihan pada 1962 antara Rainier dan Presiden Perancis Charles de Gaulle. Putri Stephanie dari Keluarga Grimaldi, yang merupakan salah seorang anak Grace dan Rainier, telah menyatakan bahwa seharusnya film itu tak pernah ada karena hanya menjelek-jelekkan ayahnya.

Kidman, Roth, dan sutradara film itu, Olivier Dahan, mengaku kecewa atas sikap keluarga kerajaan keturunan pasangan yang telah meninggal dunia tersebut. Itu disampiakan usai pemutaran perdana film tersebut di Festival de Cannes 2014.

“Mengapa begitu banyak kebencian yang dikeluarkan? Film saya memperlihatkan bagaimana seorang perempuan dengan kekuatan cintanya bisa menciptakan perdamaian. Terus terang, saya tak mengerti. Hmmm… tepatnya agak terhina oleh lontaran Stephanie yang menyatakan bahwa film saya seharusnya tidak pernah ada, hanya karena keluarga kerajaan itu merasa saya menjelek-jelekkan ayahnya dalam film tersebut. Sekali lagi, film saya bukanlah sebuah film biografi,” tutur Dahan.

Dahan mengatakan pula, melalui film itu, ia tak bermaksud menyinggung Charles de Gaulle, Presiden Perancis yang memerintah pada 1940-1944, yang terkesan keras dan memilih jalan perang daripada damai.

Kidman senada dengan Dahan. “Jelas, saya merasa sedih karena menurut saya film ini tidak memiliki kebencian terhadap keluarga itu, terutama terhadap Grace atau Rainier,” tutur Kidman, yang menyebut bahwa kisah dalam film itu merupakan fiksi yang dibikin berdasarkan cerita nyata.

Kidman menambahkan, ia memahami anak-anak Grace begitu protektif atas sosok ibu mereka.

“Saya tetap hormat dan saya ingin mereka mengetahui bahwa penampilan itu (dalam film tersebut) dilakukan dengan cinta,” ujarnya.

Kidman juga mengatakan, jika mereka pernah memutuskan untuk menonton film itu, mereka akan melihat kasih sayang untuk orangtua mereka.

Meski keluarga Kerajaan Monako menyatakan film tersebut tak pantas untuk diputar, Kidman merasa puas dengan kenyataan bahwa film itu terpilih untuk menjadi film pembuka festival bergengsi tersebut.

Sementara itu, Roth memang mengatakan bahwa setiap orang berhak untuk suka atau tidak suka terhadap sebuah film, tetapi ia tetap menyayangkan Keluarga Grimaldi sampai mengeluarkan kecaman dan larangan tersebut. (people/sw)

About The Author

Stevy Widia memulai kariernya sebagai wartawan di Suara Pembaruan (1999-2010). Sejumlah penghargaan di bidang penulisan diperoleh untuk penulisan sejumlah artikel musik, film dan gadget, termasuk menjadi nominasi sebagai kritik film untuk Festival Film Indonesia 2005. Peraih penghargaan Anugerah Pesona Wisata Indonesia 2009 dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata juga sempat dipercaya menjadi juri untuk MTV Music Award periode 2005-2006, dan Festival Film Jakarta 2006.

Related posts