Ramainya Launching Buku Rhoma Irama di Islamic Book Fair 2014

Ramainya Launching Buku Rhoma Irama di Islamic Book Fair 2014

Launching buku Rhoma Irama berjudul ‘Rhoma Irama: Politik Dakwah dalam Nada’ di Islamic Book Fair 2014 berlangsung ramai. Apalagi dimeriahkan dengan penampilan group dangdut Rompals (singkatan dari Roma Palsu) yang menyanyikan lagu ‘Sahabat’. Kemudian, Rhoma Irama juga menyanyikan lagu ‘Keramat’ semakin menambah ramainya acara peluncuran buku tersebut yang berlangsung di Panggung Utama, Istana Olahraga (Istora) Kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/3) siang.

Buku yang diterbitkan Penerbit Imania itu ditulis oleh Moh Shofan, seorang penggemar berat Rhoma Irama yang juga pernah berprofesi sebagai peneliti di Pusat Studi Islam dan Kenegaraan (PSIK) Universitas Paramadina dan sekarang menjadi anggota tim Trainer Pendidikan Karakter.

“Buku saya berbicara tiga hal. Rhoma sebagai musisi, agamawan dan politisi. Sementara judul buku diberikan oleh Bang Haji karena menurut beliau tiga hal ini tidak bisa dipisahkan,” ungkap Shofan.

Shofan menepis anggapan penulisan buku tersebut dikaitkan dengan keterlibatan Rhoma di Pemilu 2014 sebagai calon presiden. Karena buku tersebut telah ia tulis sejak tiga tahun lalu. “Saya itu penggemar berat Rhoma dan Soneta. Alasan saya menulis karena mereka telah eksis selama lebih dari 40 tahun. Di saat musisi lain tenggelam, Rhoma tetap eksis. Dia seorang Raja Dangdut dan sampai sekarang belum ada yang bisa menggesernya,” jelasnya.

Karena begitu ngefansnya, Shofan mengaku setiap menulis buku setebal 293 itu selalu diiringi lagu-lagu Rhoma Irama. “Tidak hanya ngefans, saya juga suka sama lagunya. Setiap saya menulis buku ini bab per bab itu saya selalu ditemani oleh lagu-lagunya,” kata Shofan.

Lebih lanjut, Shofan mengungkapkan, alasan menulis buku tersebut juga karena minimnya penulis tanah air yang membuat buku tentang musik dangdut. Kalaupun ada, itu ditulis oleh penulis dari luar negeri. “Dukungan ilmiah terhadap musik dangdut sangat kurang,” terangnya.

Sebagai musisi, Rhoma Irama dikenal selalu menyisipkan pesan dakwah dan kritikan sosial dalam setiap lagu-lagunya. Selain itu, Rhoma juga seorang politisi yang selalu membawa nilai-nilai Islam dalam setiap kampanyenya.

Meski buku ini memaparkan tiga potret seorang Rhoma Irama, Shofan menganggap buku ini belum mengisahkan kehidupan Rhoma seutuhnya. Baginya, cerita tentang Rhoma Irama seakan tak pernah ada habisnya. Shofan berharap dengan diluncurkannya buku tersebut, ke depannya orang-orang tidak lagi kesulitan mencari literatur tentang sosok Raja Dangdut yang hingga kini belum tergantikan. Selain dikenal dalam dunia musik, Rhoma juga terkenal dengan film-film layar lebar bernuansa musikal yang laris manis mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

About The Author

Related posts