Kembalinya Sang Detektif Eksentrik nan Cerdik

Kembalinya Sang Detektif Eksentrik nan Cerdik

Sherlock Holmes adalah detektif yang eksentrik nan cerdik berkebangsaan Inggris ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. Holmes menyebut dirinya “detektif konsultan”, orang yang dimintai tolong dalam suatu kasus ketika kasus tersebut dianggap terlalu sulit untuk dipecahkan polisi dan detektif lain. Tak ada penjahat yang bisa lolos begitu saja kalau Holmes sudah turun tangan. Ia memang terkenal akan kemampuan deduksinya dan kepandaiannya dalam memecahkan kasus.

Holmes selalu ditemani rekannya Dr. Watson dalam petualangan menangani berbagai kasus kejahatan. Suatu waktu, Doyle berniat “mematikan” Holmes dan berhenti menulis cerita tentang Holmes, namun karena tekanan dari para penggemar berat Holmes untuk ‘menghidupkan kembali’ karakter pujaannya yang legendaris itu, sehingga Doyle “menghidupkannya” dalam buku berjudul ‘Kembalinya Sherlock Holmes’ ini.

Kemunculan kembali Holmes tentu begitu mengejutkan Watson. Karena setahu Watson kalau Holmes sudah tewas dalam duel maut di Air Terjun Reichenbach. Awalnya Watson ingin mengadakan penyelidikan sendiri, menerapkan metode-metode Holmes. Dengan kembalinya Holmes, Watson kembali menemani Holmes untuk memecahkan berbagai kasus unik—Gambar Orang Menari, Petualangan Keenam Napoleon, Pemain Belakang yang Hilang, dan sebagainya.

Alur ceritanya mengalir dengan cepat dan dinamis. Dialognya kuat sekaligus penuh kekonyolan. Sosok detektif yang biasanya ditampilkan serba elegan, dalam buku ini, ditiadakan. Holmes hadir dengan apa adanya, tapi tetap penuh dengan muatan keilmuan yang menerangkan pandangan manusia.

Dalam buku ini, Doyle menulis dari sudut pandang aku sebagai Dr. Watson, sahabat dan rekan kerja Holmes, bahkan menjadi penulisnya.. Dengan begitu Doyle bertindak sebagai pencerita dan juga sekaigus sebagai saksi dekat tentang sepak terjang Holmes. Membaca buku ini, kita seperti diajak mengikuti dari dekat petualangan Holmes menangani kasus kejahatan.

Bahasanya bernas mengalir lancar dan cerdas, sebagaimana kehandalan Holmes dapat menyelesaikan berbagai kasus yang tidak biasa dengan menggunakan kemampuan analisisnya yang luar biasa. Karena kasus-kasus yang ditangani Holmes terlalu sulit untuk dipecahkan polisi dan detektif lain.

Judul Buku: Kembalinya Sherlock Holmes

Penulis: Sir Artur Conan Doyle

Alih Bahasa: Dr. Daisy Dianasari

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cetakan: Juni 2013 Tebal: 544 halaman

About The Author

Related posts